Kamis, 12 Maret 2009

MEMORI MASA DEPAN

Gimana belum bosen kan jalan-jalan di blogku? ya walaupun sederhana mudah-mudahan bermamfaat deh...lanjut lagi baca-bacanya ya...

Di Dunia teknologi yang semakin canggih rasanya hampir setiap bulan perusahaan melauncing produk yang menggunakan memori flash drive. Teknologi memori ini membuat hampir semua perangkat elektronik (seperti iPod atau ponsel ) menjadi semakin kecil. Namun beberapa tahun kedepan, bagaimanapun pengembangan memori flash drive akan terhenti dan teknik baru dibutuhkan untuk meningkatkan kapasitasnya. Itulah saatnya 'graphene' akan hadir.
Banyak konsumen meyakini bahwa generasi lanjutan dari iPod, ponsel dan flash drive akan dipenuhi oleh koleksi lagu, koleksi photo dan video, karenanya para ahli telah memikirkan cara untuk mengecilkan komponen chip pada memori flash agar dapat dijejali data yang besar. Meskipun demikian, pasti memori flash akan sampai pada batas seberapa kecil sirkuitnya dapat dibuat. Karena itu kelompok peneliti dan perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang itu mulai mencari alternatif lain.

Jim Tour, ketua tim dari kelompok peneliti di Houston dan para ahli kimia dari Rice University mengatakan bahwa ia dan laboratoriumnya tidak mencari solusi dari persoalan memori tersebut sejak mereka mulai bekerja dengan 'graphene' (jamak dari grafit). Graphene merupakan komposisi dari atom karbon. Menurut wikipedia, grafit, sebagaimana berlian, adalah bentuk alotrop karbon, karena keduanya senyawa ini mirip namun struktur atomnya mempengaruhi sifat kimiawi dan fisiknya. Grafit terdiri dari lapisan atom karbon yang dapat menggelincir dengan mudah, artinya, grafit amat lembut, dan dapat di gunakan sebagai minyak pelumas untuk membuat peralatan mekanis bekerja lebih lancar.

Grafit sekarang umum di gunakan sebagai ''timbal'' pada pensil dan berwarna kelabu. Akibat delokalisasi elektron antar permukaanya, grafit dapat berfungsi sebagai konduktor listri. Secara alamiah, grafit di temukan di Srilangka, Kanada dan Amerika Serikat. Grafit juga di sebut sebagai timbal hitam.sekedar informasi, grafit dinamai oleh Abraham Gottop Wenner pada tahun 1789 dengan mengambil kata dari bahasa yunani

Ketika bekerja dengan graphene di laboratiumnya inilah Jim Tour menyadari bahwa sebagian kecil dari graphene itu dapat didesain menjadi media penyimpanan, dasar utama memori. Sbt pengujian graphene ia menemukan bahwa bahan itu bekerja lebih baik di bandinkan bahan silikon yang selama ini di jadikan bahan dasar memori flash. Arus yang di hantarkan pada bahan itu lebih sempurna penyampaiannya,menimbulkan panas yang sangat sedikit dan dapat di gunakan pada temperatur mimus 100 derajat faranheit hingga 400 faranheit.

Jalan Panjang Untuk Mewujudkannya
Sikuitnya dapat di buat lebih kecil (kurang dari 10 nanometer perankat flash memori terkecil saat ini sirkuitnya berukuran 34 nanometer). Dan yang paling penting, memori graphene dapat di tumpuk menjadi 3 dimensi bila di bandingkan dengan array(dalam ilmu komputer,adalah suatu tipe data terstuktur yang dapat menyimpan banyak banyak data dengan suatu nama yang sama dan menepati tempat memori yang berurutan serta bertipe data sama pula) yang dapat di susun dua lapisan bila menumpukkan memori ke satu chip. Jim Tour mengatakan bahwa laboratoriumnya sudah bekerja sama dengan pabrikan bila memori berbasis graphene dapat dikomersialkan, namun jalan panjan, dan masih di butuhkan banyak dana untuk mewujudkan teknologi ini. Tapi paling tidak hari ini sudah ada pengembang memori flash.

Tanggapan Terhadap Graphene
Para pakar di industri memori komputer mengatan bahwa akan sulit untuk mengembangkan perankat memori berbasis graphene karena memori flash dan hampir semua chip di buat menggunakan silikon. Sejak silikon di gunakan pada pdrangkat elektronik setengah abad yang lalu,miliaran dolar telah di habiskan untuk penelitian dan pengembangan material berbahan dasar silikon untuk di gunakan pada komputer, kata Handy. Artinya perusahaan-perusahaan sudah familiar dan nyaman bekerja dengan silikon. Menanggapi pertanyaan itu JiMTour mengatakan bahwa teknologi gqaphene dapat di tempatkan pada chip silikon, sehingga menghilangkan kekhawatiran beberapa indurtri yang mulai tertarik untuk mengembangkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda Adalah Bentuk Kepedulian Terhadap Kami....
Terima Kasih

GILIGENTING POLO RADDIN

Silahkan Baca Juga