Minggu, 09 September 2012

IDOLA SOUND SYSTEM


Mak Sam sebagai pemilik penyewaan Sound System di kampung Mangngar Kecamatan Giligenting, Pennyewaan sound system dimulai sejak tahun 1980 sampai sekarang sudah 32 tahun.

Berawal dari kebutuhan masyarakat di Pulau Giligenting, saat acara perkawinan,dan acara acara selamatan lainnya, Mak sam jadi punya inisiatif menyewakan sound system. Ternyata respon warga Giligenting cukup banyak dengan kebutuhan pengeras suara.

Penyewaan sound system Era tahun 80-an sampai 90-an Berkisar antara Rp.70ribu sampai Rp.100ribu. karena pada masa itu pengeras suara masih menggunakan Horn atau lebih dikenal dengan speker Toa, seiring dengan berkembangnya dunia modern, sound system kini sudah menjamur ke desa desa, dari yang kelas kampung sampai yang kelas profesional.

Penyewaan sound system adalah usaha sampingan saja, karena di giligenting acara selamatan seperti pernikahan musiman saja, biasanya akan ramai setelah habis lebaran sampai bulan haji, setelah itu biasanya sudah jarang bahkan gak ada sama sekali.

Dulu hampir semua kampung di Pulau giligenting sudah dijelajahi oleh Idola Sound Sytem, namun seiring bertambahnya para pemilik saund system paling cuma tiga sampai lima kali ngamen saja, karena tiap tiap kampung sudah banyak yang menyewakan sound system. Penyewaan sound system saat ini berkisar antara 800rb sampai 1juta dengan durasi 2hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda Adalah Bentuk Kepedulian Terhadap Kami....
Terima Kasih

GILIGENTING POLO RADDIN

Silahkan Baca Juga