Jumat, 03 September 2010

TER ATER UNTUK MENYAMBUNG TALI SILATURRAHMI


Kemaren saya mendapatkan hantaran berupa makanan untuk buka puasa dari saudara,saya jadi ingat tradisi di kampung ketika ramadhan tiba,tradisi "ter-ater" yang hingga sekarang masih berlangsung di giligenting, selain untuk menyambung tali silsturrahim salahsatunya agar tetangga ikut merasakan makanan yang ia miliki. Walau layaknya sistem barter Namun orientasinya bukan kesana maksudnya, yakni biar sama-sama merasakan menu dan rasa makanan yang mereka miliki masing-masing, secara umum, tradisi “ter-ater” di giligenting khususnya di Madura hingga saat ini masih terpelihara, baik di perkotaan maupun di perdesaan.

Tradisi mengantarkan makanan yang biasa disebut dengan istilah “ter-ater” ini merupakan tradisi turun temurun di giligenting,dari sejak dulu hingga saat ini masih berlangsung."Ter-ater" bukan hanya dilakukan kepada saudara,tapi juga kepada para tetangga dan kerabat dekat.

Tradisi "ter-ater" menunjukkan bahwa masyarakat giligenting memiliki kepekaan dan kepudian sosial yang tinggi terhadap sesama, termasuk sebagai saranya menyambung tali silaturrahiem dengan sanak famili.

6 komentar:

  1. aqu paling kangen ke kampung wah. aqu selalu di limuti masalah. jadi ingat semuanya yang masih asyik2 dulu di kampung dengan tanpa beban tanpa masalah yang berarti. dan makanan makanan apapun selalu terasa nikmat walaupun seadanya di banding di jakarta walaupun bemacam2 warna tetap tak indah di kampung halaman. bukan hati tak bersyukur wah. tp yang ku rasa itu apa adanya.

    BalasHapus
  2. nah klo k2 dah rindu banged gmn klo hari minggu ìkut sy pulang kampung kak...hehehe
    tapi klo empuk kan jago masak kak...pa tu kta k2 ya...ya jago bikin soto...hehe sotto sotto deq...bok abbok...ckckck
    sy pernah beli soto kak cuma rasanya gak seperti sotonya bek marhamma sama nyi junadiye...ych jd ngeler deh...hehe
    tar klo bikin soto bagi2 donk kak...hahaha
    engga bcanda kok...

    BalasHapus
  3. iya kak makanan khas giligenting rasanya gak bisa ilang dr lidah kita..artinya biar makanan itu ada di jakarta tapi rasanya gak ber aroma giligenting...waddoh bahasa apa ini...hehe
    apa lagi kayak semalem kak malem pettolekor bhuh manthek na se anyama palotan tanto salencak...mantep sareng kolegge geddhengnga...napa pole se abhekalan...seya sengerema mattowa hanan...hahaha

    BalasHapus
  4. Telah terjadi tawuran antara para team DAGGUDAG di desa bringsang karena saling senggol antara para GE-JENGGEAN aTAU nyit-munyitan karena saling berebut pembagian KALEMBEN & PITUMPI Sehingga membuat Kolonel Mas Ariyanto Geraam.....!! Langsung szaja memerintahkan Pak Trisno untuk membuat kesepakatan Perdamaian antara kedua pihak yang bertikai.... Om herry sebagai ajudan dari Pak trisno berteriak2 (Adhereg) untuk menghentikan keributan tersebut tapi tak berhasil akhirnya membuat Ke Rahem turun tangan dengan menggunakan ilmu Waringin Nyungsang yang membuat tunduk semua massa yang sedang Nyungsang Nyunglet...... Salah seorang penonton yang bernama pak Sahrul menjadi korban dalam keributan tersebut..
    Dan korban langsung di larikan ke Panti Pijat untuk di urut urat2 malikinya gara2 terkena pemukul kentongan se padena Ghubhe......

    BalasHapus
  5. wah berbahaya itu wah. kt kalanceng gara gara kolek ben palotang ampe terjadi tawuran areppuk pereng kala tk nemmo betddhe. deri kabhuruna kalanceng pas etapos tk usah pereng pole. jeriya namana bahasa ketnyelket hehe. wah mon berinna' caccomot bibirre reng gili mlemma tk iye? tiya ngalodu' eber. neserra ka abe'. jerowa benne ngerrem wah. tape dustodur munyet ekowa. hehe. kpd kalanceng. bagi2 madu donkz? kan ktanya madu kalanceng paling ampuh untk ngobtin penyakit cintua. way way way.

    BalasHapus
  6. buat kalanceng...seya mak nemmu bei dhika ey....bkin perutku skit polana agellek...hehehe

    BalasHapus

Komentar Anda Adalah Bentuk Kepedulian Terhadap Kami....
Terima Kasih

GILIGENTING POLO RADDIN

Silahkan Baca Juga